Sabtu, 22 Juni 2013

Photoshop Text Effect: Pahatan Pada Batu

EFEK PAHATAN PADA BATU 

Tutorial Photoshop kali ini saya akan menunjukkan kepada anda yg ingin belajar photoshop khususnya text effect bagaimana cara membuat efek pahatan nama kita pada sebuah batu, ya biar terkesan kayak semacam artifak atau apalah namanya saya gak tau... yg pasti maksudnya biar terkesan kuno kayak di zaman batu gitu ya… wahaahahahaaa… XD
Hmm, kok saya kehabisan kata ya buat pembukaan kali ini… yah mo gimana lagi, langsung saja ya, berikut hasilnya...
Bagi sobat yg berminat, silahkan ikuti langkah-langkahnya…
  1. Buka Adobe Photoshop anda lalu pilih File > New atau tekan CTRL+N. klik preset dan pilih ke default photosop size untuk mereset settingan kita sebelumnya. Setelah itu ganti ukuran menjadi pixel dan buat dokumen background putih 500 x 300.


  2. Pada layer pallete sebelah kanan bawah klik create a new layer. Setelah itu pilih Edit > Fill. Setelah muncul kotak Fill, maka pada use pilih 50% Gray.



  3. Setelah itu Pilih Filter > Noise > Add Noise. Setting Ammount 18% , pilih Gaussian dan centang pada Monochromatic.


  4. Pilih Filter > Render > Lighting Effect. Pada langkah ini sobat tidak harus mengisi sama persis seperti saya, karna pada tahap ini kita hanya akan membuat tekstur semacam batu, jadi silahkan berkreasi sesuai selera.


  5. Selanjutnya pilih Filter > Brush Stroke > Spatter. Isi setting dengan Spray Radius 10 dan Smoothness 5. Pada langkah ini kita akan medapatkan hasil seperti berikut:


  6. Create a new layer lagi seperti langkah no 2, dan Fill dengan 50% gray lagi. Reset warna anda dengan menekan huruf D, lalu pilih Filter >Render > Clouds. Selanjutnya Pilih Image > Adjustment > Auto Levels. Pada layer pallete rubah Blending Mode layer awan ini menjadi Multiply, rubah Opacitynya menjadi 75. Setelah Selesai merge Layer 2 dengan layer 1. Untuk yg belum tau cara untuk merge layer, klik pada layer 2 lalu CTRL+Klik pada layer 1 kemudian CTRL+E sehingga layer 2 dan 1 akan bergabung menjadi 1 layer..


  7. Pada langkah ini kita akan mendapatkan hasil yang bermacam-macam tergantung pada settingan kita pada waktu berkreasi. Namun kurang lebih hasilnya hampir sama. Berikut hasil yg saya dapatkan sementara ini.


  8. Tekan CTRL+L dan setting kurang lebih seperti dibawah. Saya tegaskan sekali lagi, silahkan berkreasi sesuai dengan minat anda.


  9. Tekan CTRL+U, setelah muncul Hue/Saturation box maka centang pada kotak colorize dan setting hue 70, saturation 10, and brightness 0.


  10. Setelah itu pilih Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Setelah keluar Layer style box, setting seperti dibawah ini.


  11. Selanjutnya kita akan membentuk Batu yg kita buat agar menyerupai pecahan batu dari zaman dulu. Pilih Layer > Add Layer Mask > Hide All. Gambar menjadi putih karena tertutup oleh layer mask. Selanjutnya Pada Tool Pallete pilih brush tool dan setting seperti dibawah. Untuk memastikan bahwa yg sobat sapukan adalah layer mask, klik 1x dulu pada layer mask baru sapukan pada gambar sobat. Kalau tetap tidak merubah gambar maka tekan X satu kali dan coba lagi (fungsinya untuk switch foreground dan background sobat). Kalau sobat ingin menghapus beberapa bentuk yg mungkin salah klik, tinggal klik X lg dan sapukan pada bagian yg tidak diinginkan. Selamat berkreasi untuk bentuk batu yg luar biasa… ^^




  12. Pada tahap ini kita sudah mendapatkan bentuk batu sesuai yg kita inginkan dan inilah bentuk yg saya dapatkan.


  13. Selanjutnya Pilih layer >Layer Style > Drop shadow. Setting seperti berikut.


  14. Selanjutnya Klik Create a New layer pada Layer pallete sebelah kanan bawah seperti pada langkah nomer 2 dan pindahkan layer tersebut dibawah layer batu kita tadi dan kemudian tahan CTRL+klik pada layer mask pada layer 2.


  15. Klik Paint Bucket tool dan gunakan pada layer baru yg kita buat tadi dengan warna hitam. Setelah selesai, klik 1x pada layer mask di layer batu kita (layer mask pada layer 2 kalau di gambar saya), gunakan brush tool lagi, namun sekarang pilih brush yg halus dan setting opacitu menjadi 10%. Kemudian sapukan pada tengah batu untuk mendapatkan kesan tenggelam pada tengah batu.



  16. Untuk langkah terakhir kita akan membuat layer kosong dengan menerapkan efek yg nantinya akan kita gunakan pada tambahan apapun yg akan kita tambahkan pada batu kita seperti tulisan, garis dll. Pertama-tama buat layer baru seperti sebelumnya. Setelah itu pilih Layer > Layer Style > Bevel and Emboss dan setting seperti berikut.


  17. Pada langkah ini kita akan mendapatkan layer baru di paling atas dengan memiliki indicates layer effect pada pojok kanan atasnya. Selanjutnya terserah kita memberikan variasi apa pada batu kita, kalau saya disini cukup saya berikan tulisan. Klik create new layer lagi kemudian klik pada Type tool yg ada pada tool pallete dan pilih warna huruf menjadi hitam kemudian tuliskan sesuatu pada tengah batu. Selanjutnya tahan Alt+klik pada indicates layer effect dan drag ke layer huruf untuk mendapatkan copy effect seperti yg kita buat sebelumnya. Setelah itu rubah layer opacity pada text layer menjadi 13%. Rubah posisi Text dengan free transform untuk mendapatkan hasil yg maksimal. Lakukan langkah serupa untuk tambahan variasi yg lain. Selamat mencoba tips dan trik photoshop pemula dari saya ini dan tetap berkreasi. ^^




Judul Efek Pahatan Pada Batu
Deskripsi Penjelasan tentang cara membuat efek pada pahatan batu dengan photoshop
Last Update 09/06/13
Author Denie Kurniawan
Rating
93%/100% Peringkat Dari 810 Suara

Tutorial Photoshop Author Post Author

Salah satu dari sekian banyak orang yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media untuk saling berbagi dan bersilaturahmi.

6 komentar :

Jaka mengatakan...

Lumayan tutorialnya, thanks buat nambah ilmu :)

Unknown mengatakan...

Terima kasih, semoga bermanfaat... =)

Anonim mengatakan...

tutoriar yang sangat bagus sob, teruslah berkreasi...salam sukses.

Unknown mengatakan...

terimakasih atas kunjungannya mbak cindy... salam sukses juga ya...

artiku mengatakan...

slam knl jg,,, tutorialnya bagus sangat mendidik dan nambah pengetahuan,,, terima kasih....

Saya mengatakan...

info tutorialnya sangat bagus dan mendidik gan
salam blogger