Sabtu, 22 Juni 2013

Text Berpijar Warna - Warni

COLORFUL GLOWING TEXT

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan tips dan trik photoshop tentang bagaimana caranya membuat text yang berpijar dengan warna yang berbeda – beda seperti gambar di bawah ini:


Langsung saja berikut ini langkah – langkahnya:
  1. Untuk hasil yang maksimal maka kita akan menggunakan background yang gelap, tp jangan hitam pekat. Pada tutorial ini saya menggunakan warna Dark violet (#120612).
  2. Pilih Type Tool dan tulis sesuka kalian. Tapi pada langkah ini, tulislah hanya 1 huruf per layer (setelah menulis 1 huruf, klik tool yang lain lalu klik Type Tool lagi untuk menulis huruf selanjutnya). Huruf yang kita tulis tidak harus beraturan. Kita bisa menempatkan tiap huruf dimana saja asal tetap berurutan. Setelah melakukan langkah ini, maka kita akan mendapatkan gambar seperti ini:



  3. Nah, selanjutnya kita akan merapikan huruf – huruf yang tak beraturan tersebut. Klik Move Tool, lalu buatlah selection di sekitar huruf pertama (CTRL + Klik pada Layer Tumbnail huruf pertama pada layer palette). Selanjutnya pilih semua layer huruf yang ada (klik layer huruf paling bawah lalu sambil menahan SHIFT klik pada layer huruf paling atas). Setelah itu pada Option Bar ( Icon kecil – kecil pada bagian atas ) klik “Align Bottom Edges”. Kita akan mendapatkan gambar seperti berikut:



  4. Deselect (CTRL + D), sekarang pindahkan masing – masing huruf sampai saling bertabrakan. Pada tutorial ini tiap huruf mempunyai layer yang berbeda, jadi tentu saja pemindahan huruf dilakukan dengan cara mengklik tiap – tiap layer huruf yang akan dipindahkan. Apabila anda ingin memindahkan semua huruf sekaligus maka klik huruf paling bawah, tahan SHIFT lalu klik huruf paling atas dan anda sudah bisa memindahkannya semua huruf bersamaan.



  5. Setelah selesai melakukan langkah tersebut maka klik layer paling atas dan kemudian klik icon Create a new layer pada layer palette. Setelah itu pilih Gradient Tool. Pilih warna putih untuk foreground color dengan cara klik pada icon Set Foreground Color yang ada pada palette sebelah kiri. Setelah itu pada option bar pilih “Click to Open Gradient Picker” dan kemudian pilih Foreground to Transparent. Selanjutnya garislah dari atas kebawah, dan untuk garis yang benar – benar lurus maka lakukanlah sambil menahan tombol SHIFT.



  6. Pada langkah sebelumnya kita telah membuat 1 layer baru, yang pada layer palette bertuliskan layer 1 (Gradient Layer). Untuk langkah selanjutnya ini sedikit membingungkan, tapi selama kalian tetap mengikuti langkah – langkahnya secara tepat, dijamin pasti berhasil kok ^^. Sebelumnya hilangkan Visibilitas semua layer pada layer palette dengan cara klik icon kecil seperti gambar mata disamping Layer tumbnail, hilangkan semua visibilitas kecuali untuk layer 1 dan background. Kita akan mendapatai semua huruf yang sudah kita tulis sudah tidak terlihat lagi.



  7. Selanjutnya Klik pada “layer 1” dan kemudian load selection huruf pertama dengan cara CTRL+Klik pada “Layer Tumbnail” huruf pertama dan kemudian tekan CTRL+C kemudian CTRL+V. Kita akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini.



  8. Untuk tiap huruf selanjutnya ulangi langkah diatas. Setiap kali selesai menekan CTRL+V maka klik kembali layer 1 pada layer palette dan kemudian baru load selection huruf yang diinginkan. Setelah semua huruf selesai, maka kita akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini.



  9. Klik layer yang terdapat pada urutan paling atas dan kemudian klik icon “Create a New Layer” pada bagian bawah layer palette. Selanjutnya hilangkan visibilitas semua layer kecuali layer background dan layer yang baru dibuat. Maka akan terlihat semua kembali hitam saja.



  10. Pilih Paint Bucket Tool dan pilih warna yang cerah (untuk mengganti warna sesuai yang diinginkan klik pada gambar Set Foreground Color). Pada Tutorial ini, untuk warna pertama saya menggunakan warna #7fff5d. klik pada layer paling atas (layer yang telah kita buat pada langkah 9), kemudian load selection huruf pertama “yang telah diberi efek Gradient” dengan cara CTRL+Klik pada Layer Tumbnail huruf pertama. Ingat Huruf yang telah diberi efek Gradient (Huruf – huruf yang kita dapatkan setelah melakukan langkah ke-8). Setelah di Load Selection maka akan terlihat garis putus – putus pada gambar. Klik pada bagian dalam garis tersebut untuk memberikan warna pada huruf. Ganti Blending mode layer menjadi “Screen” (Klik tulisan “Normal” yang berada diatas icon seperti mata dan ganti menjadi “Screen”) pada Layer Palette. Dan hasilnya akan seperti ini:



  11. Setelah selesai dan yakin langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka klik icon Create a New Layer lagi dan Pilih warna yang berbeda dari sebelumnya, kemudian load selection huruf selanjutnya dan warnai. Ulangi langkah tersebut sampai dengan huruf terakhir. Jangan lupa setiap layer huruf ganti Blending mode menjadi “Screen”. Jika langkah – langkah yang dilakukan sudah benar maka akan didapat gambar seperti berikut:



  12. Selanjutnya adalah menggabungkan beberapa layer menjadi 1. Sebelumnya kembalikan Visibilitas untuk semua layer yang telah diberi efek gradien. Kemudian pertama klik layer paling bawah huruf “yang sudah diberi efek Gradien” kemudian tahan SHIFT dan klik layer paling atas huruf “yang sudah diberi efek gradien dan kemudian tekan CTRL+E. Selanjutnya dengan langkah yang sama lakukan pada layer huruf “yang telah diberi warna” (layer – layer yang kita buat pada langkah 11), untuk layer huruf yang telah diwarnai ini, setelah di Merge All, rubah Blending mode menjadi “Screen”. Maka kita akan mendapatkan hasil seperti ini.



  13. Dengan melakukan langkah diatas kita akan mendapatkan 2 layer baru, yaitu layer untuk “huruf yang telah diberikan efek Gradient” dan layer untuk “huruf yang telah diwarnai”. Selanjutnya Duplicate layer “yang telah diberikan efek gradient” (Bukan Layer huruf yang telah diwarnai) dengan cara Right Click pada Tulisan layer tersebut dan pilih Duplicate layer. Klik Layer baru tersebut dan pilih Filter > Blur > Gaussian Blur. Set Radius antara 1 – 3. Pada Tutorial ini saya menggunakan Radius 3.



  14. Ulangi langkah diatas (Duplicate dan Blur) pada Layer huruf “yang telah diwarnai”. Untuk Layer copy yang kali ini, set Blending pada Screen atau Lighten tergantung pada warna yang diambil. Namun pada tutorial ini saya memilih Lighten. Jika menginginkan warna yang lebih tajam maka Duplicate saja layer huruf “yang telah diwarnai” (bukan duplicatenya loh ya. . .). Tapi pada tutorial ini saya tidak melakukannya.



  15. Selanjutnya Klik Erase Tool dan pilih brushnya pilih yang soft aja kemudian sapu pada Layer “huruf yang telah diwarnai” (bukan layer copynya loh ya. . . ^^), namun yang disapu hanya bagian bawah saja sehingga akan terlihat peralihan warna dari berwarna menjadi putih transparan. Setelah melakukan langkah tersebut maka gambar akan terlihat lebih tipis seperti ini:



  16. Kemudian pilih layer paling bawah untuk Efek Huruf dan kemudian tahan SHIFT dan Klik layer paling atas. Setelah semua layer untuk efek huruf (huruf yang telah diwarnai, huruf yang telah diberi efek gradien, maupun layer copynya masing – masing) Right klik lalu pilih Duplicate Layer. Setelah itu tekan CTRL+E. Selanjutnya klik Layer baru tersebut dan kemudian pilih Edit > Transform > Scale. Setelah muncul kotak disekitar gambar maka klik dan tahan kotak bagian atas tengah kemudian tarik ke bawah. Buatlah bayangan tersebut sedikit lebih panjang dari gambar aslinya.



  17. Setelah itu gunakan Erase Tool dan set opacity sesuai yang kamu inginkan, kemudian bermain – mainlah dengan pengaturan yang berbeda – beda. Misalnya pada Awal menghapus gunakan Opacity 70 pada seluruh huruf bayangan, lalu untuk bagian bawah dan atas bayangan gunakan opacity 20 dan lakukan berulang –ulang sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Selanjutnya pilih Edit > Free Transform dan gunakan panah atas pada keyboard untuk memindahkan posisi bayangan. Berikut hasil yang saya dapatkan.



  18. Gambar diatas sebenarnya sudah selesai, tapi kita bisa memperindahnya lagi dengan menambahkan efek – efek sendiri. Misalnya seperti gambar dibawah ini. Pertama – tama klik layer background lalu klik Brush Tool dan kemudian pilih brush paling halus dengan master diameter 300 px. Setelah itu Pilih Foreground color sesuai yang diinginkan. Disini saya menggunakan Color set #aa52ef. Selanjutnya pilih opacity 50% dan flow 70%. Setelah selesai maka brush tepat ditengah – tengah gambar, sehingga hasilnya akan seperti ini:



  19. Selanjutnya Duplicate semua Layer text efek kecuali layer bayangan dan kemudian tekan CTRL+E, sehingga hasilnya seperti ini:


Pada Totorial ini semua layer yang pada awal sampai akhir telah di invisible anggap saja sudah hilang atau kalian bisa menghapusnya. Demikian untuk tutorial photoshop,trik,tips berbahasa indonesia saya kali ini, semoga bermanfaat dan selamat ber-kreasi yah. . . ^^
Judul Text Berpijar Warna - Warni
Deskripsi cara membuat Text Berpijar Warna - Warni dengan photoshop
Last Update 09/06/13
Author Denie Kurniawan
Rating
95%/100% Peringkat Dari 3511 Suara

Tutorial Photoshop Author Post Author

Salah satu dari sekian banyak orang yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media untuk saling berbagi dan bersilaturahmi.

4 komentar :

Lintas mengatakan...

maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia... klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..
http://www.lintasberita.com ......

dan dibawah ini ada artikel bagus lho...
coba di cek yah??

http://www.lintasberita.com/Hiburan/Tips_Mendeteksi_Kebohongan_Cowok

http://www.lintasberita.com/Olahraga/Ronaldo_pemain_profesional_terbaik

http://www.lintasberita.com/Aneh/Ular_Menu_Utama_Pesta_Halloween_

http://www.lintasberita.com/Bisnis/AS_Bergulat_Dengan_Krisis_Keuangan_Aktual

http://www.lintasberita.com/Sains/Apakah_Jin_Boleh_Merasuki_Manusia

http://www.lintasberita.com/Hiburan/6_Tipe_Pria_Yang_Harus_Dihindari_Setelah_Putus_Hubungan

http://www.lintasberita.com/Dunia/Penemuan_Raksasa_Cardiff_yang_Menghebohkan

coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? cek disini aja yah

>>> http://www.lintasberita.com/tools.php

thanks.... sory klo keliatannya spamming.. but seriously... im just helping you out here

Deni Kurniawan mengatakan...

ok om. . .
ntar wa coba yah.
th'x dh mampir n kasih info. . . ^^

hasyim abd mengatakan...

Wah banyak banget langkahnya,tp bagus kok n mau nyobain.

Anonim mengatakan...

juaraaaaa............