Senin, 20 Mei 2013

Manipulasi Foto Photoshop: Efek Komik

COMIC EFFECT

Yaaahh..., lagi – lagi tutorial photoshop, bosen mas...!! ya gimana lagi, kan ne emang blog buat tutorial photoshop. ^^ Udah langsung aja, untuk tutorial kali ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya membuat foto kita agar tampak seperti komik. Namun pada Tutorial kali ini saya tidak menggunakan foto saya sendiri. Disini saya akan menggunakan foto yang saya dapatkan dari internet, soalnya kemarin saya coba pake foto saya, jadinya kurang keren sich, gak tau kenapa...,padahal orangnya udah sekeren ini looh! Hahahaha... XD
Udah – udah, bagi anda yang tertarik berikut hasilnya:
Berikut langkah – langkahnya:
  1. Buka gambar yang diinginkan.
  2. Berhubung kita akan membuat efek komik, maka pasti kita akan membutuhkan gambar hitam putih. Pilih image > Adjustment > Desaturate. Setelah gambar hitam putih, maka Pilih Image > Adjustment > Level, setting input menjadi 57, 1.00, 73. Selanjutnya Pilih Filter > Artistic > Cutout, setting seperti gambar di bawah ini:
  3. Pada langkah ini kita akan mendapatkan hasil seperti berikut:
  4. Sebagai tambahan saya akan menambahkan gambar pistol. Berikut gambarnya.
  5. Untuk langkah – langkah pada pistol sama dengan pada awal tadi, namun untuk setting Level, gunakan setting 162, 1.00, 195. Kali ini kita tidak perlu memberikan efek Cutout. Berikut hasilnya:
  6. Gabungkan gambar tersebut dengan gambar atau foto kita dengan menggunakan move tool. Atur ukuran dan posisi dengan menggunakan Free Transform ( CTRL+T ). Hapus bagian yang mengganggu dengan Erase Tool. Ganti Blending mode untuk layer pistol menjadi Linear burn.
  7. Pada langkah ini kita akan mendapatkan hasil seperti berikut:
  8. Selanjutnya Create new layer dan tempatkan pada layer paling atas. Pilih Edit > Fill, Klik kotak use pada bagian content dan ganti dengan 50% gray. Gambar kita berubah menjadi abu – abu, jangan bingung... langkah ini sudah benar. Selanjutnya Pilih Filter > Noise > Add Noise. Setting seperti berikut:
  9. Selanjutnya Pilih Filter > Blur > Motion Blur, Setting seperti berikut:
  10. Tekan CTRL + F berulang – ulang sampai kita mendapatkan garis lurus seperti berikut:
  11. Setelah mendapatkan garis lurus, maka Pilih Edit > Transform > Skew, dan atur seperti berkut:
  12. Setelah mendapatkan hasil seperti diatas maka ubah Blending Mode seperti pada langkah no 5 menjadi vivid light. Kemudian pilih Image > Adjustment > Level dan setting input 101, 1.00, 154. Berikut hasil yang kita dapatkan:
  13. Ulangi mulai dari langkah no 6, namun pada saat skew ( langkah no 9 ) kurangi jaraknya, sehingga tingkat kemiringan berbeda dari sebelumnya. Pada saat mengatur Level, berikan setting 97, 1.00, 157 Berikut hasilnya:
  14. Terkadang pada langkah ini kita akan mendapatkan hasil yg berbeda dari yg saya dapatkan. Karna teman saya melakukan sesuai dengan langkah saya tapi mendapatkan hasil yg berbeda. kalau pada langkah ini anda mendapatkan hasil yg berbeda maka rubahlah opacity level pada layer 2 dan 3 menjadi sesuai yg sobat inginkan.
  15. Langkah selanjutnya create new layer kemudian pindahkan layer ini diatas Layer Pistol dan warnai background gambar yang telah jadi dengan warna hitam menggunakan Brush Tool, perbaiki juga bagian rambut yang terlihat jelek. Berikut hasilnya.
  16. Selanjutnya klik Add Layer Mask pada bagian bawah Layer Palette. Lalu Pilih Gradien Tool dan gariskan miring.

  17. Silahkan berkreasi sesuai selera. sampai pada langkah ini, kita akan mendapatkan hasil kurang lebih seperti ini:
  18. Sebenarnya pada langkah ini gambar telah selesai, namun agar lebih terlihat seperti komik, maka kita bisa menambahkan kotak dialog. Pertama – tama pilih Elliptical Marquee Tool dan buatlah lingkaran elip di daerah yang diinginkan. Selanjutnya Pilih Polygonal Lasso Tool, sambil menahan tombol Shift, buatlah gambar seperti berikut
  19. Setelah itu Create New layer dan pindahkan layer kali ini pada urutan paling atas. Selanjutnya Pilih dan gunakan Paint Bucket dan isikan pada gambar yang telah kita buat dengan warna putih. Klik beberapa kali agar bagian tepi tidak terlihat seperti blur. Berikut hasilnya.
  20. Untuk langkah selanjutnya kita bisa menuliskan sesuka hati pada bagian kotak dialog dengan menggunakan Text Tool. Berikut hasil yang saya dapatkan. Selamat mencoba... ^^

Judul Comic Effect
Deskripsi cara membuat efek foto seperti comic
Last Update 09/06/13
Author Denie Kurniawan
Rating
94%/100% Peringkat Dari 881 Suara

Tutorial Photoshop Author Post Author

Salah satu dari sekian banyak orang yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media untuk saling berbagi dan bersilaturahmi.